Berita Gembira! Ini Gunung Berapi Terbaik Untuk Didaki Para Pendaki

Berada diantara Sabuk Alpide serta Cincin Api Pasifik yang adalah kawasan seismik teraktif di dunia, Indonesia punya banyak gunung berapi yang separuh diantaranya adalah paling aktif di lokasi ini. Walaupun berbahaya dan tak jarang menyantap korban harta juga jiwa, beberapa gunung berapi itu tetap menarik banyak pendaki. Ini sih berita gembira buat pendaki hehe, daripada berlama lagi dibawah sudah dirabgkum berita tentang gunung terbaik buat pendaki:

Gunung Semeru. Gunung dengan tinggi 3.676 m ini adalah gunung paling tinggi di Pulau Jawa dan punya puncak yang tersohor bernama Mahameru serta kawah dinamai dengan Jonggring Saloka. Medan mendaki gunung yang sarat dengan legenda ini lumayan berat sebab waktu pendakian yang lama sampai 4 hari, hadirnya gas beracun, aliran lahar, awan panas serta cuaca yang amat ekstrim sampai minus 0° C. Itu karenanya, belakangan umur pendaki Gunung Semeru dibatasi demi pencegahan jatuhnya korban di kaum pendaki.

Gunung Gede. Gunung Gede adalah bagian Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat. Gunung tersebut adalah sebuah lokasi favorit pendaki gunung mulai level pemula sampai profesional. Ada 2 pintu masuk utama ke kawasan Gunung Gede, yakni dari Cibodas dan Cipanas. Gunung ini punya keanekaragaman ekosistem yang marak dan jadi habitat berbagai jenis burung tergolong beberapa burung langka semacam Elang Jawa juga Celepuk Jawa. Disamping puncak dan kawah gunung, objek-objek wisata di Gunung Gede lumayan lengkap mulai danau, air terjun, air panas, perkemahan, sampai dataran yang luasnya 50 ha yang sarat dengan hamparan bunga-bunga edelweiss.

Gunung Merbabu. Gunung setinggi 3.145 m ini banyak sekali disebut-sebut didalam naskah-naskah pra Islam dan suka dikaitkan pada tokoh-tokoh sejarah. Walaupun medan pendakiannya cukup mudah, gunung yang ngetop di Jawa Tengah itu punya potensi bahaya terdiri dari udara dingin serta kabut tebal dan kurangnya sarana-sarana bertahan hidup bagi setiap pendaki yang datang ke sana khususnya sumber air dan makanan. Rute pendakian yang tersohor ke Gunung Merbabu ialah lewat Wekas dan Thekelan.

Gunung Merapi. Gunung paling aktif di Indonesia ini memiliki dua rute pendakian utama pergi ke puncak gunung dengan tinggi 2.968 m ini, yakni Selo dan Kaliurang. Semenjak tahun 1548, gunung ini sudah meletus hingga 68 kali, letusan terbesar terakhir terjadi tahun 2010 yang menewaskan sebanyak 273 orang.

Gunung Papandayan. Banyak potensi pariwisata yang disuguhkan gunung berapi aktif dengan tinggi 2.665 m ini, mulai lintas alam, kemping, mandi air belerang, sampai menikmati panorama alam terutama kawah gunung. Medan pendakiannya pun tergolong mudah cocok buat pemula. Keunikan lainnya gunung ini ialah terdapatnya lubang-lubang magma besar juga kecil yang menyemburkan asap dan suara unik. Kini Gunung Papandayan terbilang aktif dan sampai tahun 2013 aktivitas seismik gunung tersebut masih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.